UJI PRATIKALITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LK PD) KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.100Keywords:
Keywords: lkpd, learning mathematics, higher order thinking skillsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketersediaan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills untuk siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada materi bangun datar.Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain yang mendapatkan nilai persentase 87,5% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 8 siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai.Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai persentase 95,06% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi bangun datar berbasis Higher Order Thingking Skillsuntuk kelas IV sudah memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.Dengan LKPD yang telah memenuhi kritera valid dan sangat praktisini agar bisa dimanfaatkan sebagai alternative bahan belajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan.
Kata Kunci: lkpd, pembelajaran matematika, higher order thingking skills.
References
Kurniawati, Nindi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Geogebra Pada Materi Turunan.Tesis tidak diterbitkan. Sarjana Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Lubis, J.W.,Maslinadewi. (2020). Pengembangan LKPD Kecepatan dan Debit Berbasis Lectora Inspire Terhadap Berfikir Kritis di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Tambusai.4 (3),2979
Putra, A., Hendra, S.,Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Tingkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis.Jurnal Riset Matematika.1 (2).59.
Saputri, Lola Ineli.2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Ejurnal bunghatta.ac.id.Vol.4,No 5.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.