ANALISIS DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM MBKM TERHADAP TENAGA PENDIDIK DI PRODI PGSD FKIP UNIVERSITAS BUNG HATTA DALAM MENGHASILKAN LULUSAN YANG TANGGUH BERSAING DI ERA GLOBAL

Penulis

  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta
  • Syafni Gustina Sari Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.101

Kata Kunci:

Analisis, implementasi MBKM, Tenaga Pendidik.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis dampak pelaksanaan program MBKM terhadap Tenaga Pendidik di Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta dalam menghasilkan lulusan yang Tangguh bersaing di era global. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tenaga Pendidik (Tendik) mengetahui sebagian besar isi kebijakan berasal dari kanal daring kemendikbud (laman/website, media sosial) dan lainnya dari kegiatan sosialisasi luring/daring yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. 2) Tendik belum memahami isi kebijakan tentang MBKM karena menjawab salah jumlah SKS dan semester pelaksanaan MBKM. 3) Implementasi program MBKM tentang peningkatan hard-skill dan soft-skill bagi mahasiswa dinilai Tendik masih kurang. 4) Tendik menilai puas dengan adanya Program MBKM namun masih banyak kendala yang dihadapi seperti pendanaan, kapabilitas SDM dan regulasi.

Referensi

Andari, S., Windasari, W., Setiawan, A., & Rifqi, A. (2021). Student Exchange Program of Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) in Covid-19 Pandemic. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 28(1), 30–37. https://doi.org/10.17977/um047v27i12021p030
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Ke-sd-an, J. P., Widiyono, A., Irfana, S., Guru, P., Dasar, S., Islam, U., Ulama, N., & Belajar, M. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik?: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SD NEGERI 014 PALEMBANG SUMATERA SELATAN Pandemi Covid-19 yang menyerang berbagai Negara termasuk Indonesia telah ( MBKM ) yang memberikan hak belajar mahasiswa selama tiga semester di luar program studi pandemi , te. Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 194–204.
Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator