KAJIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Feby Kharisna Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.107

Kata Kunci:

Hasil Belajar, , Model Scramble

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi kepustakaan. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model scrambled terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. peneliti mengumpulkan data dari penelitian ini dengan mengumpulkan dan meninjau data dari peneliti sebelumnya yang konsisten. Hasil dari penelitian ini ialah kenaikan hasil belajar peserta didik sekolah dasar yang memakai model scrambled. Peserta Didik saat proses pembelajaran memakai model scramble diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dimana huruf-huruf dienkripsi dan menempatkan kata-kata yang dienkripsi. Model pembelajaran ini sangat memikat serta tidak menjemukan bagi siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Scramble

Referensi

Astuti, N. M. D. K., Made Sumantri, M. P., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 149-154.
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2).
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. 3(2).
Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Marbun, N. E., Rohani, R., Muti'ah, R., & Suriyani, S. (2019). PENGARUH MATHMAGIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 1-10.
Sodiqin, A., & Tirtowarti, N. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9).
Prasasti, D. E., Dewi Koeswanti, H., & Giarti, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-29

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator