KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Diren Agasi Universitas Negeri Padang
  • Anggun Radika Putri Universitas Negeri Padang
  • Meila Yufrina Devi Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.122

Kata Kunci:

Kebijakan, Pendidikan, Sekolah Dasar, Covid-19

Abstrak

Kegiatan belajar dan pembelajaran apapun situasi yang melanda suatu daerah disatuan pendidikan tertentu haruslah tetap dilanjutkan dan terlakasana bagi semua siswa seperti wabah pandemic covid-19 saat ini. Majunya taraf hidup pada suatu negara tergantung pada tingkat pendidikan yang maju, dimana tingkat pendidikan yang sangat berkualitas  akan membentuk generasi yang cakap serta terampil dalam menghadapi tantangan global saat ini. Situasi saat ini yang diakibatkan oleh penyebaran covid-19 yang sangat masih diseluruh dunia menyebabkan perubahan yang terjadi pada kehidupan tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang pada hakekatnya belajar itu menerapkan sistem pertemuan lansung atau tatap muka di sekolah, sekarang menjadi proses pembelajaran yang mengharuskan siswa belajar dari rumah melalui platform digital dan sebagainya. Situasi yang terjadi saat ini menyebabkan semua pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan harus menggunakan model ataupun metode pembelajaran yang tepat sehingga tujuan dari pembelajaran itu tetap terlaksana walaupun pembelajaran dilakukan secara tidak lansung disekolah. Penelitian yang dikembangkan ini memiliki tujuan dalam pengkajian mengenai bagaimana kebijakan pendidikan di sekolah dasar pada masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode kualitatif deskriptif yang sumber datanya didapatkan melalui studi dokumentasi serta studi pustaka. Dari penelitian yang dilakukan ini maka diperoleh hasil bahwa kebijakan pendidikan disekolah dasar pada masa covid-19 bisa diterapkan dua metode yaitu metode pembelajaran secara daring dan metode pembelajaran secara luring dengan pembatasan yang ketat.

 

Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan, Sekolah Dasar, Covid-19

Referensi

Adnan, M. F. (2013). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman Siti Asyiah Adil Mubarak Abstrak. 1–9.
Aulia, W., & Miboy, A. (2021). Our Three Solutions In Learning During Pandemic At Sdn 01 Benteng Pasar Bukittinggi City Tiga Solusi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 28–37.
Burhanuddin. (2022). Tantangan Pembelajaran Daring,Luringdan Tatap Muka Terbatasdimasa Pandemi Covid1. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 66–75.
Diren Agasi, Nur Azmi Alwi, Y. M. (2021). Improving Students ’ Indonesian Learning Outcomes Using Powtoon Media In 4 Th Grade Elementary School Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Menggunakan Media Powtoon Di Kelas Iv Sekolah. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 38–44.
Fajrussalam, H., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Bulletin Of Science Education. Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Education Research, 2(1), 44–46. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i1.45
Kebudayaan, Kementrian Pendidikan Dan. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. 300.
Khadijah, I. (2021). The Competency Of Science Teachers In Implementation Of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period At Smpn 2 Kramatwatu. Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Marsen, C., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1600–1604.
Nurina, A. I., & Khamid, A. (2021). Parenting For Mother’s Careers For Children During Covid-19 In Islamic Education (Pola Asuh Ibu Karir Pada Anak Dimasa Wabah Pandemi Covid-19 Dalam Pendidikan Agama Islam (Pai). Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran Dengan Model Blended Learning Pada Sekolah Dasar Di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 22(1), 52–68. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Analytica/Article/View/8413
Rafsanjani, A. I. (2019). Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal. 45(45), 95–98.
Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan Lms (Learning Management System) Berbasis Web Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa. Scientific Journal Of Informatics, 1(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.15294/Sji.V1i2.4019
Zulfa Amrina, Arlina Yuza, S. G. S. (2021). Analisis Dampak Pelaksanaan Program Mbkm Terhadap Tenaga Pendidik Di Prodi Pgsd Fkip Universitas Bung Hatta Dalam Menghasilkan Lulusan Yang Tangguh Bersaing Di Era Global. Jurnal Cerdas Proklamator, 19(1), 1–9.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-29

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator