TEACHER'S STRATEGY IN CLASS MANAGEMENT OF STUDENTS IN CLASS IV OF SD NEGERI 018 RAMBAH SAMO
Kata Kunci:
teacher strategy, classroom management, studentsAbstrak
Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas harus menjadi sasaran dari lembaga pendidikan untuk mencapainya. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan tersebut akan terlihat dari bagaimana proses pendidikan yang dilakukan lembaga pendidikan. Guru sebagai tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru langsung berhadapan dengan siswa, untuk melaksanakan fungsinya sebagai pendidik. Guru merupakan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan terhadap manajemen kelas. Sehingga guru menjadi faktor utama dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif. Guru perlu strategi dalam meningkatkan manajemen kelas yang diperlukan saat pembelajaran. Manajemen kelas yang diberikan guru akan membuat siswa bersemangat karena kondisi kelas tetap kondusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dan kendala guru kelas dalam manajemen kelas pada siswa. Metode penelitian ini digunakan dengan jenis penelitian lapangan berupa penelitian deskriptif kualitatif. Data berasal dari sumber primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data diuji creadibility, transferability, dependabiliy dan confirmability. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 018 Rambah Samo ditemukan bahwa guru sudah memiliki strategi dalam memanajemen kelas berupa menata ruang kelas, menetapkan peraturan kelas, mendistribusikan bahan dan alat, pengelolaan pekerjaan/tugas, mempertahankan perilaku yang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri 018 Rambah Samo dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas yaitu dengan menata ruang kelas, menetapkan peraturan kelas, mendistribusikan bahan dan alat, pengelolaan pekerjaan/tugas, mempertahankan perilaku yang sesuai.
Referensi
Afianti, D., Witono, A. H. and Syahrul Jiwandono, I. (2020) ‘Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu’, Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), pp. 203–213. doi: 10.31949/jee.v3i2.2367.
Afriza, R. (2014) ‘Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Hasil Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Padang’.
Aldino, P., Safitri, R. and Antoni (2020) ‘Studi Komunikasi Lingkungan melalui Komunikasi Kelompok Terhadap Edukasi Pengelolaan Lingkungan dengan Pendekatan Teori Strukturasi Adaptif pada Masyarakat Kota Malang’, Linimasa, 3(1), pp. 46–56.
Chan, F. et al. (2019) ‘Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar’, International Journal of Elementary Education, 3(4), p. 439. doi: 10.23887/ijee.v3i4.21749.
Efendi, R., Gustriani, D. and Siregar, P. S. (2019) ‘Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 002 Kecamatan Rambah Samo’, Jurnal Basicedu, 3(2), pp. 788–794. doi: 10.31004/basicedu.v3i2.103.
Jiwandomo, I. S., Degeng, I. N. S. and Kusmintardjo (2017) ‘Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif di SDN Wonorejo 01 Lawang’, Pasca Universitas Malang.
Kurniawati, U. and Koeswanti, H. D. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1046–1059.
Miles, H. and Huberman, A. (2014) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nafisah, N., Makki, M. and Jiwandono, I. S. (2022) ‘Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Pasca Masa Pandemi Covid-19 di SDN Inpres Tenga Kecamatan Woha Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), pp. 1340–1345. doi: 10.29303/jipp.v7i3.755.
Nurpratiwiningsih, L. and Ervina, D. (2022) ‘Manajemen Pengelolaan Kelas Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi’, Jurnal Review Pendidikan Dasar?: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), pp. 8–15. doi: 10.26740/jrpd.v8n1.p8-15.
Rohmah, J. (2019) ‘PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KREATIVITAS SISW’, 19(November), pp. 224–247.
Sardiman, A. M. (2012) ‘The Teaching of Social Studies: Good Practice’, Sterling Publishers Private Limied, pp. 1–10.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.