IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MATERI GEOMETRI KELAS VI SD BERBASIS TEORI VAN HIELE

Penulis

  • Nichollas Bernard Steven Julian Totti Universitas Negeri Semarang
  • Aisyah Nurul Isnaeni Universitas Negeri Semarang
  • Aulia Dita Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Trimurtini Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

Project Based Learning, Teori Van Hiele, Geometri

Abstrak

Penulisan artikel dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika di Indonesia, khususnya geometri. Teori belajar yang dikembangkan oleh van Hiele adalah salah satu yang menekankan pada geometri. Teori ini memiliki lima tingkat perkembangan berpikir yang dimulai dari visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor dengan bercirikan proses berpikir seseorang ketika belajar geometri. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berguna dalam membangkitkan minat siswa dengan mengharuskan mereka untuk membuat produk akhir melalui tugas proyek. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat seberapa efektif model pembelajaran Project Based Learning berdasarkan teori van Hiele dalam mempengaruhi pembelajaran geometri di sekolah dasar. Penyusunan artikel menggunakan tinjauan pustaka dari berbagai sumber baik artikel maupun buku mengenai signifikansi pemahaman siswa terhadap suatu konsep dalam pembelajaran matematika. Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan adalah tiga proses penelitian yang termasuk dalam metode ini. Artikel-artikel yang relevan dengan tujuan penelitian ditelaah dengan menggunakan proses seleksi berdasarkan tinjauan pustaka. Teori belajar van Hiele dipandang mampu meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa karena lebih menitikberatkan pada peran aktif siswa selama proses pembelajaran, sesuai dengan paradigma Project Based Learning yang meningkatkan cara berpikir kritis siswa serta menggali pengetahuan mereka melalui proyek yang dibuat. Siswa akan memahami prinsip-prinsip geometri secara tepat dan mampu memberikan analogi, membandingkan, menafsirkan, membuat kesimpulan, memecahkan masalah geometri, serta melihat hubungan antara geometri dengan cabang ilmu lainnya.

Referensi

Abdurahman, A., Ruhyadi, S. G. S. A., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. AL-IBANAH, 7(2).

Culclasure, B. T., Longest, K. C., & Terry, T. M. (2019). Project-based learning (Pjbl) in three southeastern public schools: Academic, behavioral, and social-emotional outcomes. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(2), 5.

Farah, Rizky Amelia., Budiyono. (2018). Pembelajaran Matematika Materi Geometri di SD Al Hikmah Surabaya. JPGSD Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018, Halaman 373-383.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.

Hasriyani, A., Baharullah, B., & Agustan, S. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1173-1184.

Kim, Yangsoon. (2021). The Problem/Project-Based Learning (PBL/PjBL) at Online Classes. International Journal of Advanced Culture Technology, 9(1), 162-167.

Kusnadi, D., & Nanna, A. I. (2020). Penerapan Teori Van Hiele Sebagai Dasar Pengenalan Geometri Pada Siswa di SDN 045 Tarakan. Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 20.

Martati, Badruli (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Proceeding UMSURABAYA, 1(1).

OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Panjaitan, Jelita. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Penelitian Fisikawan Volume 2 Nomor 2 Edisi Agustus 2019.

Pasani, Chairil Faif. (2019). Analyzing elementary school students geometry comprehension based on Van Hiele’s theory. Journal of Southwest Jiaotong University, 54(5).

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 129.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Siew, N. M., & Ambo, N. (2020). The Scientific Creativity of Fifth Graders in a STEM Project-Based Cooperative Learning Approach. Problems of Education in the 21st Century, 78(4), 627-643.

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. NUSANTARA, 2(2), 365-368.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator