MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN KONFLIK DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MI

Penulis

  • Moh. Ferdi Hasan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Shaleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Kata Kunci:

Conflict Management, Leadership, School principal

Abstrak

Konflik adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam setiap lingkungan organisasi, termasuk lembaga pendidikan. Manajemen konflik yang efektif sangat penting untuk menjaga lingkungan sekolah yang harmonis dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan melakukan observasi langsung dan wawancara terhadap kepala sekolah MI yang memiliki pengalaman sukses dalam manajemen konflik. Partisipan dipilih berdasarkan pengalaman dan reputasi mereka dalam penyelesaian konflik. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya strategi komunikasi yang efektif, penyelesaian konflik yang adil, dan pembangunan budaya sekolah yang inklusif sebagai faktor penting dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI. Kepala sekolah yang menunjukkan kemampuan mendengarkan dengan empati, komunikasi yang jelas dan terbuka, serta membangun hubungan yang saling menghormati dapat menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Pendekatan kolaboratif, mediasi, dan penekanan pada kepentingan bersama berkontribusi pada penyelesaian konflik yang adil. Selain itu, membangun budaya sekolah yang inklusif yang mendorong partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan juga penting. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang manajemen konflik dalam konteks kepemimpinan kepala sekolah MI. Hasil-hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi kepala sekolah MI dalam menghadapi dan menyelesaikan konflik, serta meningkatkan kualitas kepemimpinan mereka. Selain itu, penelitian ini juga memberikan dasar bagi penelitian selanjutnya dalam bidang ini untuk mengembangkan strategi-strategi yang lebih spesifik dan efektif dalam mengoptimalkan manajemen konflik dalam kepemimpinan kepala sekolah MI

Referensi

Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.

Creswell. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Sage Publication.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publication.

Fahruzi, A., & Hidayat, W. (n.d.). Impelentasi Manajemen Konflik di Sekolah Implementation of Conflict Management at School.

Hasan, Moh. F., & Rahmawati, H. (2023). Education in world history. Paedagogica Historica, 1–3. https://doi.org/10.1080/00309230.2023.2246393

Hidayanthi, R., Rahmi Andini, S., Fitri, H., & Gistituasti, N. (2022). THE APPLICATION OF HEADMASTER ON SCHOOL BASED MANAGEMENT (SBM) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS). In | Jurnal CERDAS Proklamator (Vol. 10, Issue 2).

Jusneti, Morelent, Y., & Nandra, A. (2022). IMPLEMENTATION OF ELEMENTARY SCHOOL EDUCATION IN KAPAU, TILATANG KAMANG DISTRICT, AGAM REGENCY. Jurnal CERDAS Proklamator, 10(1), 26–34.

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Riqqah Annisa Maharani1, Y. M. , F. K. (2023). POLICY ANALYSIS OF PRINCIPALS IN ELEMENTARY SCHOOLS IN LEARNING DURING THE COVID 19 PANDEMIC. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(1).

Riski, H., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3531–3537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.944

Rostini, D., & Amaly, N. (n.d.). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. 4, 173–180. http://jurnaledukasia.org

Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (n.d.). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator