ANALISIS MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEKS CERITA “SUKA DAN TIDAK SUKA” PADA BUKU PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BABADSARI KEBUMEN

Penulis

  • Muhamad Fatoni Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kata Kunci:

Profil Pelajar Pancasila, Teks Cerita, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya mengetahui muatan profil pelajar pancasila pada teks cerita yang berjudul “Suka dan Tidak Suka”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja muatan profil pelajar pancasila dalam teks cerita “Suka dan Tidak Suka” pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Babadsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah terdapat lima muatan profil pelajar pancasila dalam teks cerita “Suka dan Tidak Suka” pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu 1) Dimensi beriman, betakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia elemen akhlak kepada manusia termuat pada paragraf ke delapan, baris ke enam dari bawah. 2) Dimensi bernalar kritis elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan termuat pada paragraf ke empat, baris ke sebelas dari atas. 3) Dimensi mandiri elemen pemahaman diri dan situasi yang dihadapi termuat pada paragraf ke lima, baris ke lima belas dari atas. 4) Dimensi kreatif elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal termuat pada paragraf ke tiga, baris ke delapan dari atas dan elemen memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan termuat pada paragraf ke sembilan belas, baris ke tiga dari bawah. 5)  Dimensi gotong-royong elemen berbagi termuat pada paragraf ke tujuh belas, baris ke sembilan dari bawah.

Referensi

Amrina, Z., Yuza, A., & Sari, S. G. (2021). Analisis Dampak Pelaksanaan Program Mbkm Terhadap Tenaga Pendidik Di Prodi Pgsd Fkip Universitas Bung Hatta Dalam

Menghasilkan Lulusan Yang Tangguh Bersaing Di Era Global. Jurnal Cerdas Proklamator.

Elkhaira, U., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2020). Improvement Of Student Learning Outcomes In Integrated Thematic Learning Using Portfolio Learning Model In Class V Sd Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada. Jurnal CERDAS Proklamator, 8(1), 10–18.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Modul Digital Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Subtema 1 Suhu dan Kalor. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1280-1288.

Anggraini, D. (2020). Variasi Tindak Tutur dalam Cerpen ‘Pispot’ Karya Hamsad Rangkuti. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 111-119.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3). 399-407.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator