PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA

Penulis

  • Enjoni Enjoni Universitas Bung Hatta
  • Febriyanto Febriyanto Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.60

Kata Kunci:

Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran IPA, Keterampilan proses sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, mengetahui hasil belajar siswa dan melakukan pengembangan keterampilan guru melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan Keterampilan proses sains yang dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 16 Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus diawali dengan perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 jenis yaitu pedoman observasi guru, angket respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains pada siklus I dan II mengalami peningkatan, di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 73 dan pada siklus II rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 09 Kota Padang

Referensi

Abdullah.,& Sani, R. (2010). Scientific learning for the curriculum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1– 16.
Arends, R. (2008). Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Bruner, J.S. (1957). On Perceptual Readiness. Psychological Review, April 1957. Vol. 64 No. 2. Hal. 123-149. Harvard University.
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-Based Learning: An Approach to Medical Education. New York: Springer.
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education. New York: Springer. based Learning: Irish Case Studies and International Perspectives. AISHE READINGS.
Creswell, J., W., (2012), Research design Qualitative, Quantitative and Mixed Approaches; 2nd prin Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eggen., Paul, DK. (2012). Learning Strategies and Models. Jakarta: PT Indeks.
Febri,Y (2019) problem based learning model to improve students' problem solving skills .Dissertation.
Suharsimi Arikunto,dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. (1993). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nono Sutarno. (2007). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: UT
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Hmelo-Silver,C.E.(2004). Problem-based learning:What and how dostudents learn?. Journal: Educational Psychology Review, 16(3) hlm.235-266.
Joyce,B.,Weil,M.& Calhoun, B. (2009) Models of teaching 8th ed.( teaching models, translators ahmad fawaid dan ateilla mirza) yogyakarta : pustaka pelajar
Lazear, (2007); The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning Orhan Ak?no?lu and Ruhan Özkarde? Tando?an Marmara Üniversitesi, Istanbul, TURKEY Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81
Oon-Seng Tan. (2007). Problem Based Learning and Creativity. Cengage Learning.
Piaget, J. (1982). Cognitive Development in Children: Development in Learning. Journal of Research in Science Teaching, Vol. 2, 176-186.
Solso.,&Robert. Dkk. (2008).Cognitive Psychology Eighth Edition. Jakarta:Erlangga.
Tall, D.O. (2002). Cognitive Growth in Elementary and Advanced Mathematical Thinking. Conference of the International Group for the Psychology of Learning Mathematics,Recife, Brazil, July 1995, VolI
Pierce,B.(2002).”Genetics: A Conceptual Approach”. New Work: W. H. Freeman Ltd.
Tobin, K. G. & Capie, W. (1981). Patterns of Reasoning: Probabilistic Reasoning. Paper Presented at Annual Meeting of The National Association for Research in Science Teaching, New York.
Runco.,& Chand (1995) Runco, M.A. and Chand, I. (1995) Cognition and Creativity. Educational Psychology Review, 7, 243-267
Sungur, S & Tekkaya, C. (2006). Effects of Problem-Based Learning and Traditional
Zulaeha, Darmadi, I. W., & Werdhiana. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Predict , Observe and Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 1–8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator