PENGEMBANGAN MEDIA DADU BERBASIS NUANSA ISLAMI UNTUK MELATIH KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI

Penulis

  • Andika Surya Perdana Andika
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang
  • Yulia Maulani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.91

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Dadu Berbasis Nuansa Islami, Melatih Kreatifitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media dadu yang  pernah dikembangkan  peneliti-peneliti sebelumnya,  pengembangan media sebelumnya belum efektif dalam penggunaannya serta belum terdapat nuansa islami serta keterampilan kreativitas pada media pembelajaran tersebut, sehingga penelitian ini mengembangkan media dadu berbasis nuansa islami pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup untuk melatih kreativitas peserta didik kelas III SD/MI. Penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana pendapat ahli terhadap media dadu berbasis nuansa islami pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup untuk melatih kreativitas peserta didik kelas III SD/MI dan mengetahui respon pendidik terhadap media dadu berbasis nuansa islami pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup untuk melatih kreativitas peserta didik. Dari penelitian yang dilakukan, pendapat para ahli terhadap media dadu bermotif nuansa islami pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup untuk melatih kreativitas peserta didik mendapat kriteria sangat valid dangan  praktis, dengan rata-rata penilaian ahli media sebesar 90,12%, penilaian ahli bahasa  86,6% dan penilaian ahli materi/isi  87,13%. Respon pendidik terhadap media dadu bermotif nuansa islami untuk melatih kreativitas peserta didik mendapatkan penilaian sebesar 91,36%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dadu berbasis nuansa islami untuk melatih kreativitas peserta didik tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III SD/MI dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Referensi

Agung Furwanto, Muhammad. 2017. “Pengembangan Media Teka- Teki Silang Biologi Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP”, Skripsi Sarjana Pendidikan, Lampung: Perpustakaan UIN Raden Intan.

Bahri Djarmah,Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini, (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1), 1-16).

Falah Putrid, Aenur. 2016. “Pengembangan LKS Sebagai Bahan Ajar”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Yogyakarta: Perpustakaan UNY.

Hidayati Azkiya & Mardiana, (2019) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas I SDIT Burul Ikhlas Padang, Padang, Jurnal Cerdas Proklamator. 145-150

Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kemenang, “ Undang- undang republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional”

Kementrian Agama Republik Indonesia, “Al-qur’anul Karim dan Terjemah”, (Jakarta: Tim Azziyadah Qur’an)

M.Tamrin, Rofita Nurman & M.Sayuti. Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Denag Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Siswa Kelas IV SD. Padang. Jurnal Cerdas Proklamator. 45-52

Prastowo, Andi. 2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Redhana,Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia”, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019.

Sasmita, Asmara. 2018. “Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Refleksi Edukatka, Nomor 8, Juni 2018.

Zulfa amrina, Dasmarwan, & Srilina Arifin (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendektan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Kuranji. Padang. Jurnal Cerdas Proklamator. 1-9

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24 — Diperbaharui pada 2023-01-24

Versi

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator