ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS RENDAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 08 KP. JAWA I KOTA PARIAMAN

Penulis

  • Lindri Martinopa universitas negeri padang
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang
  • Diren Agasi Universitas Negeri Padang
  • Yulia Maulani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.94

Kata Kunci:

keterampilan pengelolaan kelas, kelas rendah, bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru dalam mengelola kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia SDN 08 Kp. Jawa I kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru kelas rendah SDN 08 Kp. Jawa I. Objek penelitian ini berupa keterampilan guru kelas dalam Pengelolaan Kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif persentase. Dari hasil penelitian secara keseluruhan mengenai keterampilan guru dalam pengelolaan kelas rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia SDN 08 Kp. Jawa I kota Pariaman tergolong dengan kategori sangat baik, walaupun ada beberapa aspek yang masih baik ataupun kurang baik. Guru kelas rendah SDN 08 Kp. Jawa I kota Pariaman sangat profesional dalam mengelola kelas dan dapat menanggulangi kelas yang tidak kondusif serta mempertahankannya.

Referensi

Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri Sofan. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Hasibuan & Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya.
Cahyani, Nabila Putri dan Eska Wirnita. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasaindonesia Berbasis Saintifik Pada Materi Iklanuntuk Siswakelas V Sdn 20 Talawi Kecamatan Kotoxi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Cerdas Proklamator,Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021
S. B. Djamarah & Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. 2014. Profesi Keguruan Problem, solusi, dan Reformasi Pendidiikan di Indone- litian Effective Classroom Management Skills sia. Jakarta: PT Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator