ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nadiah Syaidah Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang
  • Diren Agasi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.98

Kata Kunci:

Pemanfaatan Media Youtube, Pembelajaran Daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media Youtube dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas III SD Negeri 25 Pegambiran Kota Padang. Dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran daring, berbagai jenis media bisa digunakan salah satunya yaitu Youtube. Youtube merupakan aplikasi yang merupakan tempat berbagai video yang dapat di akses serta diupload dan download oleh penggunanya dengan menggunakan akses jaringan. Pemanfaatan media Youtube diharapkan peserta didik akan berminat dan memahami materi yang diajarkan dengan baik. Penelitian ini juga berjuan mengetahui kendala yang terjadi didalam pemanfaatan Youtube pada pembelajaran daring pada siswa kelas III SD Negeri 25 Pegambiran Kota Padang. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas III. Data penelitian  diperoleh dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, memilah data, display data dan selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 25 Pegambiran Kota Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa fitur-fitur yang digunakan guru dari aplikasi Youtube berupa deskripsi video, penyesuaian Thumbnail, playlist, jadwal, Share Link, dan layar akhir. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam memanfaatkan Youtube pada pembelajaran daring terdiri dari dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Kendala yang dihadapi saat memanfaatkan Youtube pada sistem pembelajaran dalam jaringan yaitu (1) Kuota internet (2) Tidak bisa berinteraksi secara online. Solusinya yaitu (1) Membuka tautan secara langsung tanpa berpindah ke Youtube (2) Menggunakan fitur komentar dan Live Streaming.

Kata Kunci: Pemanfaatan Media Youtube, Pembelajaran Daring.

Referensi

Anggraini, R. D. (2018). Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru Bahasa Inggris Mts Al-Insan. Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 446-452.
Pendidikan, M., & Indonesia, K. R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permendikbud. (2014). Permendikbud No 68 Tahun 2014 Tentang Peran Guru Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dan Guru Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Permendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disiase (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Mentri pendidikan dan kebudayaan
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran keSD-an, 7(2).Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjanatjantia. Widika. (2013). Sejarah Berdirinya Youtube _ Sejarah Dunia. Retrieved from https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarahberdirinya-Youtube

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator